5 Alasan Kenapa Kamu Harus Memulai Bisnis Sejak Dini

Hal ini akan sangat membantu dan membuat kamu lebih siap dan mampu menghadapi berbagai risiko tersebut di masa yang akan datang, jika sewaktu-waktu terjadi di dalam bisnismu. Meskipun demikian, kamu tetap harus memiliki visi dan misi yang jelas terkait dengan bisnis tersebut. Jika bisnis dimulai dengan persiapan dan juga perencanaan yang matangsejak awal, maka kamu akan bisa mengelolanya dengan lebih mudah dan hasil maksimal. Itulah beberapa suggestions yang dapat Anda terapkan untuk memulai usaha Anda sejak dini.

Seorang pebisnis sukses tidak pernah puas dan selalu mencari cara untuk mengembangkan bisnis dan apa yang dijualnya menjadi lebih baik lagi. Dengan cara inilah, kamu bisa memenangkan persaingan karena kamu tidak pernah berhenti memuaskan pelanggan. Kreatifitas adalah salah satu modal bisnis untuk bisa “terlihat” dan “berbeda” dari bisnis lain yang sudah ada lebih dahulu. Kamu juga dapat dengan mudah menemukan ide utama yang jadi sumber inspirasinya. Tentu ide orisinil harus kamu ciptakan terlebih dahulu agar calon pembeli dapat dengan mudah mengenali identitas kamu sebagai brand bisnis yang memiliki nilai atau poin unik. Menyusun rencana bisnis yang baik dan matang ini sangat penting, sehingga semua kegiatan kamu akan bisa berjalan dengan sistem kerja yang jelas.

Dibutuhkan juga tekad dan motivasi jika memang seseorang sudah memutuskan untuk mengambil langkah awal untuk menjalani sebuah usaha. Persiapan sebelum memulai bisnis, langkah awal yang harus dilakukan adalah menjual produk yang berbeda dari orang lain. Tak lupa mengutamakan kualitas dan pelanggan sehingga dengan pelayanan yang baik dan memuaskan harapannya konsumen akan kembali dan menjadi pelanggan tetap. “Setiap jenis usaha tentu saja memiliki strategi pemasaran yang berbeda, kemudian kita juga harus melihat pangsa pasar, potensial atau tidak di daerah tersebut,“ ujar Reza. Menurut Sahabat Muda kita, Reza Kurnia, yang saat ini fokus mempersiapkan diri memulai usaha kaset VCD dan DVD, yang pertama dilakukan adalah kesiapan psychological selain terus mengumpulkan modal.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana kita bisa bertahan dengan kondisi yang ada. Bagaimana pun harga kebutuhan pokok tidak mungkin turun, bahkan semakin naik. Investasikan energi Anda untuk mencobanya saat Anda masih berada di usia muda untuk belajar, tumbuh, mencoba dan bermimpi. Memulai bisnis di umur yang masih muda akan membuatmu lebih melekterhadap berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi. Kamu bisa dengan terampil melakukan promosi lewat web situs poker online, menciptakan net untuk promosi bisnis yang sedang kamu rintis.

Namun, saat kuliah dan setelah menjadi sarjana, tak jarang anak muda menunda impiannya untuk berbisnis sendiri. Usia muda adalah usia ketika Anda sedang senang-senangnya untuk menjalin pertemanan, baik itu di sekolah, lingkungan rumah, atau lingkungan komunitas. Kesempatan ini membuat Anda memiliki jaringan pertemanan yang luas, yang sewaktu-waktu bisa Anda gunakan untuk membangun bisnis.

Usia sekitar 20 tahunan biasanya seseorang sudah bisa mandiri, belum memiliki tanggungan, punya banyak teman, dan waktu luang yang cukup banyak. Inilah momen yang bisa Anda manfaatkan untuk mulai berbisnis di usia muda, baik untuk sampingan atau primary business. Merasa senang dan mengapresiasi diri atas kesuksesan yang berhasil kamu raih memang sah-sah saja, tapi jangan cepat merasa puas. Membuka peluang bisnis boleh merasa bangga, namun kamu harus terus berinovasi dan menantang diri untuk terus berkarya. Untuk mendukung hal ini, kamu juga akan membutuhkan berbagai langkah promosi yang tepat.

Merintis usaha dari dini

Mulailah ajarkan sesuatu yang sederhana, namun akan memudahkannya kelak ketika sudah dewasa. Entrepreneur Camp merupakan portal para pebisnis untuk mempelajari bagaimana cara mengembangkan bisnis, berbagi ide berbisnis, dan menggunakan produk/layanan demi meningkatkan penjualan. Orang tua Anda pun tidak membebankan masalah finansial dalam keluarga kepada Anda. Bisa dibilang beban ekonomi Anda masih rendah, karena uang Anda hanya dipakai untuk kepentingan pribadi. Daripada uang habis begitu saja untuk bersenang-senang, lebih baik Anda mulai sisihkan untuk modal usaha.